Cara Menghapus Browser Autofill atau Autocomplete ~ Meledugs

Cara Menghapus Browser Autofill atau Autocomplete

Browser autofill atau autocomplete adalah opsi pada browser untuk mempercepat pengisian kolom isian seperti pada halaman login situs, dapat berupa e-mail, username atau password. yang biasanya otomatis tersimpan pada browser seperti chrome, mozilla, dsb. terkadang autofill ini menjengkelkan disaat kita mengetikkan sesuatu yang salah. apalagi ketika tersimpannya username dan password bersambung pada satu kolom isian. dan tentunya berbahaya sekali jika orang lain mengetahui username dan password anda.


Mungkin ada beberapa dari anda yang kurang familiar dengan kata autofill, tetapi sebenarnya anda sering menemukannya setiap anda mengetikkan sesuatu saat akan login pada sebuah situs. berikut contoh gambar yang saya maksud.




Sekarang dengan melihat gambar diatas anda pasti sudah mengerti apa yang dimaksud dengan browser autofill atau autocomplete. mungkin anda jadi mengingat sesuatu yang menjengkelkan apalagi jikalau tersimpan email atau password anda yang tak sengaja anda ketik.

Pada artikel ini saya akan memberikan trick untuk menghapus autofill ini secara cepat pada browser chrome dan mozila firefox. karena pada kedua browser ini saya telah mencobanya.

ketika anda mengetikkan sebuah karakter/huruf/angka pertama untuk email atau username anda lalu muncul tampilan autofill. anda bisa menggerakkan cursor ketas atau kebawah untuk memilih autofil yang ingin anda hapus. dan untuk menghapusnya :

Pada browser google chrome tekan tombol :

Shift + Delete

Pada browser mozilla firefox tekan tombol :

Delete

Sangat mudah bukan. sekarang anda bisa mencobanya dan menghilangkan jejak anda :) karena pada kenyataannya banyak pencuri akun yang awalnya tidak sengaja melihat autofill yang tertinggal di browser anda lalu merubah passwordnya, jadi lebih berhati-hati.

Selamat Mencoba.

2 komentar: