Cara Mendapatkan Domain Gratis dan Menghubungkannya ke hosting Gratis ~ Meledugs

Cara Mendapatkan Domain Gratis dan Menghubungkannya ke hosting Gratis

Gratisan memang dicari, dan dalam Artikel ini saya akan menjelaskan cara mendapatkan domain gratis (.tk .ml . ga .cf  .gq) lalu menghubungkannya ke hosting gratisan seperti idHostinger. sehingga anda bisa mendapatkan sebuah website layaknya memiliki fitur berbayar. Artikel ini sangat berguna untuk anda yang sedang belajar membangun sebuah website online.


Pertama mari kita mendapatkan domain gratis kita dengan pilihan domain TLD (.tk .ml . ga .cf  .gq). pada situs freenom.

Klik untuk menuju www.freenom.com


Masukkan nama domain pilihan anda untuk di cek ketersediaannya.





Tunggu beberapa saat hingga muncul list pilihan domain, lalu pilih salah satu yang anda inginkan. Klik "Get it Now!" setelah itu akan tampak opsi untuk menuju ke "checkout cart" klik "Checkout"




Pada Period pilihlah "12 Month @ Free" (agar aktif selama 1 tahun)

Karena kita akan menghubungkan ke hosting gratisan, dan di artikel ini saya akan mencontohkannya pada idHostinger. maka kita bisa langsung menggunakan dns idhostinger pada A record domain anda.

List name server idHostinger:
ns1.idhostinger.com
ns2.idhostinger.com
ns3.idhostinger.com
ns4.idhostinger.com




dikarenaka facebook dan sejenisnya terkadang suka bermasalah saya merekomendasikan untuk menggunakan email. setelah itu anda akan dibawa ke halaman "login". buka email anda untuk menyelesaikan pendaftaran pada freenom.



Sekarang anda masuk ke idhostinger anda. lalu pilih opsi "hosting" pada menu bar atas sebelah kiri. Pilih "Order Hosting Baru"

Masuk ke www.hostinger.co.id



Jendela pilihan pake hosting akan terbuka, pilihlah paket gratis



Jendela shopingcart akan terbuka, pilihlah period yang anda mau. lalu klik "Lanjut ke Checkout"



Jendela selanjutnya akan terbuka, ceklist persetujuan lalu klik Submit Order



Pilih "Jenis Domain" dengan domain karena anda sudah memiliki domain pada freenom.com. Ketikkan nama domain pilihan anda pada "Nama Domain". Pilih lokasi server. lalu Ketikkan password anda. kemudian klik Setup.



Selesai. anda dipastikan sudah memiliki domain baru yang terhubung dengan webhosting gratisan anda. pada idHostinger pilih opsi Hosting  >> Semua Akun Hosting.

Anda sudah bisa mulai mengupload file website offline anda ke website online dengan domain pilihan anda. jika anda mempunyai free hosting yang lain sebenarnya cara ini juga bisa digunakan, karena kurang lebihnya semua konsep untuk menghubungkan domain dengan hosting adalah seperti ini.

Selamat Mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar