~ Meledugs

Sekarang saya akan menjelaskan cara menyetting winamp untuk jaringan LAN.

Berikut Software yang dibutuhkan :
1. Winamp Player ( V.5.x )
2. SHOUTcast DSP Plugin for Winamp
3. SHOUTcast DNAS (Server)  [Download] lalu Install

Jika semua software telah terinstall di PC/Laptop kita ketahap berikutnya.

Untuk menyetting Winamp dan SHOUTcast DSP Plugin saya sudah pernah membuat postingan sebelumnya jadi disini saya tidak akan membahasnya lagi disini. untuk itu anda bisa mempelajarinya di [klik disini].

Kita akan membahas cara mensetting Shoutcast server untuk keperluan Broadcast di Jaringan LAN. :

Jalankan Shoutcast Server, jika anda tidak bisa menemukannya secara default Shoutcast server bisa anda temukan di folder C:\Program Files\SHOUTcast.
Klik sc_serv.exe untuk menjalankan server. karena kita akan sering menggunakannya buat lah shortcut sc_serv.exe ke desktop PC/Laptop
Akan muncul jendela Shoutcast server setelah anda klik sc_serv.exe


Sekarang kita klik Edit config. akan muncul tampilan sc_serv.ini yang terbuka dengan notepad di layar PC/Laptop anda.
Agak sulit untuk membaca sc_serv.ini dengan tampilan notepad untuk itu coba anda kembali ke C:\Program Files\SHOUTcast dan temukan file sc_serv.ini lalu bukalah dengan wordpad.
sekarang jadi lebih mudah untuk membacanya. dan sebenarnya menu Edit config hanya perintah membuka file sc_serv.ini jadi tidak ada bedanya bila kita membukanya secara manual melalui explorer.

Selanjutnya kita akan merubah sedikit konfigurasi sc_serv.ini untuk broadcast melalui LAN, sebelum kita mulai mengkonfigurasi kita matikan dulu server. klik Kill Server.

pada file sc_serv.ini saya akan jelaskan beberapa fungsi yang perlu anda ketahui dan perlu dirubah untuk keperluan streaming.

MaxUser=32 (jumlah maximal pendengar yg bisa mendengarkan radio anda, defaultnya "32" pendengar)
Password=changeme (password untuk SHOUTcast DSP Plugin, defaultnya "changeme" anda bisa merubahnya sesuka hati anda)
PortBase=8000 (ini adalah port yang akan digunakan server untuk menstreaming radio anda, defaultnya "8000" anda bisa merubahnya tapi saya sarankan tidak perlu anda rubah)
SrcIP=ANY (ini adalah alamat IP yang akan digunakan sebagai sumber streaming oleh shoutcast server, defaultnya "ANY", anda bisa menggantinya menjadi 127.0.0.1 yang berarti sumber streaming adalah PC/Laptop anda)
DestIP=ANY ( ini adalah alamat IP yang akan menjadi tempat untuk orang lain mendengarkan, Defaultnya "ANY" , rubahlah menjadi alamat IP komputer anda di Jaringan LAN )

Sekarang mari kita ubah :

MaxUser=16
Password=1234
PortBase=8000
SrcIP=127.0.0.1
DestIP=192.168.44.120 (kita misalkan IP Address Anda)

lalu coba jalankan Shoutcast server dan Winamp beserta Shoutcast DSP


Pada Shoutcast DSP masukkan

Address : localhost
Port : 8000
User ID : admin (ini adalah user ID default)
Password : 1234


Klik Connect pada Shoutcast DSP
Selesai.

Sekarang anda sudah bisa streaming Radio anda ke Jaringan LAN. cukup beritahukan teman anda untuk mendengarkan anda melalui Winamp di http://192.168.44.120:8000/listen.pls

0 komentar:

Posting Komentar