Membuat Cloud Storage Pribadi pada Web Hosting Gratisan ~ Meledugs

Membuat Cloud Storage Pribadi pada Web Hosting Gratisan

Kalau belum paham mengenai cloud storage mungkin pernah dengar tentang dropbox atau google drive. Dimana kita bisa menyimpan data di internet dan bisa mengaksesnya melalui PC / Laptop / Smartphone. Atau lebih gampangnya lagi cloud storage dapat dikatakan semacam flashdisk yang tertanam di internet dan bisa dipakai untuk pribadi maupun beramai-ramai. Lalu bagaimana cara membuat dropbox atau Google drive kita sendiri secara gratis.


Seperti yang kita ketahui layanan cloud storage biasanya terbatas pada besaran storagenya dan untuk menambah besar storage kita pasti diharuskan membayar. kali ini saya akan membahas bagaimana membuat cloud storage pribadi kita pada web hosting gratisan dengan menggunakan ownCloud open source

Sebelum memulai anda harus sudah memiliki akun pada sebuah webhosting gratisan buat yang belum memiliki sebagai contoh bisa langsung mendaftar pada idhostinger.

saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar ataupun merinci penjelasan mengenai permasalahan dalam membuat akun pada webhosting gratisan  dalam artikel ini. mungkin anda bisa mencari tahu di artikel lainnya.

Setelah anda berhasil masuk kedalam Cpanel hosting anda mari kita download web installer ownCloud.

setup-owncloud.php
atau copy paste pada notepad, lalu berikan nama file sekehendak anda dengan ekstensi .php

Selanjutnya pada hostingan anda masuk lah ke dalam cpanel, >> lalu buka File Manager

Upload setup-owncloud.php kedalam directory public html



Buka browser anda dan ketikkan alamat url tempat anda mengupload setup-owncloud.php

Contoh : www.abc.com/setup-owncloud.php




Akan terbuka halaman ownCloud setup wizard >> Klik Next untuk memulai instalasi ownCloud

Pada halaman selanjutnya ketikkan nama folder >> lalu klik next (Perlu diingat! ini nantinya akan menjadi alamat url server adress pada settingan client)


Setelah instalasi berhasil akan muncul halaman seperti dibawah ini :




Klik Next >> lalu buatlah admin akun dan beserta passwordnya >> Finish Setup


Setelah selesai akan muncul layar untuk mendownload ownCloud client. pilihlah sesuai keinginan anda. pada artikel ini saya akan mencontohkan pada dekstop client untuk windows 7, 8.x, 10.

Download ownCLoud dekstop client Windows 7, 8.x, 10.
Setelah anda mendownload instal langsung pada komputer anda. lalu jalankan ownCloud client. akan muncul jendela konfigurasi server address.  server address. Masukkan alamat url hosting andan ditambahkan dengan nama direktori folder dalam setup sebelumnya, misalkan seperti tutorial ini : www.abc.com/meledugs







Kemudian akan muncul jendela login, masukkan username dan password yang anda buat sebelumnya.





lalu muncul jendela opsi untuk syncronized file dan tempat direktori folder file sycronized pada komputer anda seperti layaknya dropbox atau google drive. setelah anda mengkonfigurasi klik connect dan selesai.



Bagusnya ownCloud selain merupakan open source, juga memiliki kehandalan seperti client pada windows, linux, apple, android, dan Blackberry. Selamat Mencoba !.







0 komentar:

Posting Komentar